Oleh Oka Nurlaila
03 January 2022
12 Anak Muda Kalbar Tergabung Sebagai Duta Kesehatan Planetari Kalbar di Planetary Health Special Camp ASRI

Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) kembali mengadakan Planetary Health Camp (PH Camp). Berbeda dari sebelumnya, PH Camp keenam ini diikuti oleh 12 orang anak muda perwakilan dari berbagai universitas dan jurusan di Kalimantan Barat. Sehingga beberapa peserta harus menempuh perjalanan panjang kurang lebih lima jam menggunakan speed boat dari Pontianak menuju Sukadana dan hal ini sama sekali tak menyurutkan semangat mereka.

 

Planetary Health Camp ASRI

 

Kegiatan Planetary Health Camp di ASRI

Terkait pemilihan mahasiswa/i sebagai peserta PH Camp dan Duta Kesehatan Planetari Kalbar, Manajer Edukasi ASRI, Etty Rahmawati mengatakan bahwa ASRI ingin mengenalkan konsep kesehatan planetari/ planetary health dan program-program ASRI sebagai planetary health in action lebih luas di seluruh Indonesia. Saat ini tak hanya menjangkau generasi muda yaitu siswa/i di sekolah menengah atas dan komunitas, tapi juga mahasiswa/i.

 

Generasi muda memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial. Mereka adalah sosok yang penuh dengan ide-ide, semangat, menyukai hal baru dan tantangan. Sehingga mereka sangat bisa diandalkan dalam hal menuju ke perubahan yang lebih baik. Termasuk dalam menjawab tantangan persoalan lingkungan,” ujar Etty Rahmawati.

 

Selama lima hari kegiatan PH Camp (19-23/12) para peserta belajar tentang konsep kesehatan planetari/ planetay health, yaitu dimana kesehatan manusia dan kesehatan alam saling terkait dan tak terpisahkan. Selanjutnya mereka juga diskusi langsung dengan masyarakat dan staff-staff ASRI melalui kunjungan program-program ASRI, seperti Kambing untuk Janda dan Chainsaw Buyback. Para peserta juga terlihat antusias mengajukan beragam pertanyaan seputar kegiatan reboisasi saat mereka berada di lokasi reboisasi di Laman Satong. Setelah berdiskusi dengan staf reboisasi, ASRI mengajak mereka melakukan kegiatan menanam pohon di sana. Tak hanya memperoleh ilmu dan pengalaman baru, para peserta mengaku merasa sangat senang karena mereka dapat mengenal teman dan relasi baru di kegiatan PH Camp.

 

Kegiatan Camp Lingkungan di ASRI Kalimantan Barat

 

Saya senang sekali karena dapat belajar tentang konsep kesehatan planetari, dimana semua aspek dan peristiwa yang terjadi di kehidupan saling mempengaruhi kesehatan dan lingkungan kita. Materi disampaikan dengan menarik, dan kami sebagai peserta dapat turun langsung ke lapangan melakukan kegiatan konservasi, yaitu menanam pohon. Saya juga merasa bahagia karena dengan mengikuti kegiatan ini saya dapat bertemu orang-orang hebat yang bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman. Terlebih lagi mendapatkan liburan ke tempat-tempat yang luar biasa di masa akhir tahun ini,” ujar Muhammad Sunariya, mahasiswa dari Universitas Tanjungpura jurusan Biologi.

 

Melalui kegiatan PH Camp saya berharap semua kalangan masyarakat bisa ambil bagian untuk bersama-sama menjaga Bumi, termasuk juga mahasiswa/i dari berbagai jurusan yang telah menjadi Duta Kesehatan Planetari Kalimantan Barat ini,” tutup Qothrun Izza sebagai Koordinator Program Planetary Health Exchange di ASRI.