Oleh Oka Nurlaila
28 February 2021
32,834 Kacamata Baca Gratis Dibagikan ASRI dan 2.5 NVG – Essilor untuk Masyarakat Kayong Utara

Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) berkolaborasi kembali bersama 2.5 NVG – Essilor dengan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Kayong Utara. Kerja sama ini dilakukan bertujuan untuk dapat menyediakan bantuan penglihatan yang lebih baik kepada masyarakat menengah ke bawah. Total bantuan kacamata baca gratis yang dibagikan adalah 32,834 dan kemudian akan distribusikan ke sembilan puskesmas di Kabupaten Kayong Utara. Kegiatan pendistribusian kacamata ini sudah mulai dilaksanakan di tiga puskesmas, yaitu Puskesamas Kepuluan Karimata, Puskesmas Seponti, dan Puskesmas Pulau Maya Karimata pada bulan Januari 2021 lalu.

 

Direktur Eksekutif ASRI, Nur Febriani mengatakan bahwa kacamata baca ini dibagikan untuk memudahkan masyarakat melihat objek/benda dari jarak dekat, sehingga mereka dapat menikmati penglihatan yang lebih baik dan jelas. Selain itu, mereka bisa lebih produktif dalam beraktifitas, seperti memasukkan benang ke jarum ataupun membaca pesan di handphone. Ia pun menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitar pantai, seperti Kepulauan Karimata untuk menggunakan kacamata hitam karena mengingat bahaya sinar ultraviolet dari matahari dapat membahayakan kesehatan mata mereka.

 

“Pantulan sinar ultraviolet dari matahari akan sangat kuat terpantul di daerah-daerah pantai, sehingga akan memberikan efek buruk bagi mata jika tidak terlindungi dengan baik. Salah satu efek buruk sinar ultraviolet ini antara lain meningkatkan risiko penyakit katarak dan glaukoma. Jadi saya harap saat bapak/ibu atau keluarganya pergi ke Sukadana atau Ketapang, boleh titip beli kacamata. Terutama bapak-bapak nih yang sering pergi ke laut untuk menangkap ikan sangat perlu memakai kacamata hitam,” ucap Nur Febriani saat memberikan kata sambutan di acara pembagian kacamata baca di Puskesmas Pelapis di Pulau Padang, Kecamatan Kepuluan Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

 

Kegiatan pemeriksaan dan pembagian kacamata baca gratis pada tanggal 21-23 Januari 2021 lalu di Kecamatan Pulau Karimata diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan kunjungan kerja pemerintah Kabupaten Kayong Utara. ASRI juga berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial yang diadakan pemerintah Kabupaten Kayong Utara, yaitu berupa pengobatan gratis dan sunatan masal.

“Kami sangat berterima kasih atas kacamata baca yang diberikan untuk masyarakat di Kepulauan Karimata. Bantuan ini sangat meringankan beban masyarakat di sini yang kurang jelas penglihatannya saat membaca. Sehingga dengan adanya kacamata baca ini masyarakat dapat lebih mudah beraktifitas,” ucap Citra Duani, Bupati Kabupaten Kayong Utara saat acara berlangsung.

pembagian kacamata baca gratis di Pulau Karimata, Kayong Utara

 

Hampir seluruh masyarakat di Kepulauan Karimatan merasa kesulitan untuk memperoleh kacamata baca dikarenakan akses menuju optik yang sangatlah jauh, yaitu melewati laut berjam-jam dengan kapal nelayan, lalu dilanjutkan dengan perjalanan darat. Sehingga mereka sangat antusias menyambut kegiatan pemeriksaan dan pembagian kacamata baca ini.

 

"Saya butuh kacamata ini untuk menghitung uang dan menulis nota, karena saya sering keliru melihat angka nol di uang," ucap Pak Usman, penerima kacamata baca. Beberapa penerima kacamata baca juga ada yang bercerita bahwa tanpa kacamata baca ia selalu meminta tolong cucu-cucunya untuk memasukkan benang ke jarum, dan tak jarang jarinya sering tertusuk jarum saat menjahit.

pembagian kacamata baca gratis di kayong utara dari ASRI dan 2.5 NVG Essilor Indonesia

 

Acara yang berlangsung selama dua hari ini berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol-protokol kesehatan di masa pandemi sekarang, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan disediakannya hand sanitizer. Selain itu, untuk menghindari kerumunan masa maka kacamata baca gratis ini didistribusikan melalui enam puskesmas lain di wilayah Kayong Utara.