Oleh Oka Nurlaila
11 April 2019
Planetary Health Camp 2: Berkemah Sambil Belajar Lingkungan

Sukadana, 11 April 2019 - ASRI kembali mengadakan Planetary Health Camp pada hari Sabtu-Minggu, 30-31 Maret 2019 di Pantai Pulau Datok dan Klinik ASRI. Sebanyak 43 peserta dari tujuh sekolah berbeda (Desa Simpang Hilir, Desa Teluk Batang, Desa Seponti dan Desa Sukadana) berkemah sembari belajar tentang perubahan iklim dan dampaknya bagi kesehatan serta lingkungannya. Disana mereka tak hanya mendengarkan materi dari para pembicara, tetapi juga melakukan eksperimen, observasi dan mendaki.

 

Pada hari pertama peserta Planetary Health Camp melakukan eksperimen efek rumah kaca. Peralatan eksperimen yang digunakan adalah dua botol plastik bekas yang sudah dipotong atasnya, lalu setiap botol dipasang pengukur suhu ruangan dan salah satu gelas atasnya telah tertutup plastik. Selama 10 menit mereka mengamati seberapa besar peningkatan suhu yang terjadi setiap 2 menit. Hasilnya adalah gelas yang tertutup memiliki suhu yang lebih panas dibandingkan gelas lainnya. Ini ibarat bumi yang diselimuti karbondioksida, sehingga membuat bumi semakin panas.

 

Pada hari kedua mereka melakukan praktek lapangan berupa observasi satwa di Bukit Peramas, Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) dan hutan bakau di dekat pantai. Ada pula penyampaian materi seperti sejarah ASRI, planetary health (kesehatan planetari), perubahan iklim terhadap lingkungan dan kesehatan, karakteristik hutan hujan tropis, dan keanekaragaman hayati TNGP.

 

“Tumbuhan hidup lebih dulu dari manusia dan tumbuhan bisa hidup tanpa manusia, tapi manusia tidak bisa hidup tanpa tumbuhan,” ucap Jupri dari SMAN 3 Simpang Hilir di akhir acara dan spontan disambut tepuk tangan oleh peserta lainnya.

 

“Kesan saya setelah mengikuti kemah ini adalah saya mendapatkan banyak ilmu. Kegiatannya asik dan menarik. Lalu saya jadi punya banyak teman-teman baru. Panitinya pun sangat baik,” ujar Supardianto dari SMAN 3 Simpang Hilir penuh semangat.

 

Uniknya dari Planetary Health Camp angkatan ke-2 ini adalah 90% panitianya adalah ASRI Teens dan presenter Planetary Health Camp terbaik tahun lalu. Kesuksesan acara berkat bantuan staff ASRI lainnya yang bersedia meluangkan waktu untuk menjadi pembicara. Serta mitra kerja ASRI dari TNGP, yang bersedia mengisi materi dan menjadi pemandu selama peserta mendaki di Bukit Peramas.

 

 

Terima kasih kepada Disney yang telah mendanai acara Planetary Health Camp 2. ASRI juga menerima berbagai macam donasi perlengkapan kemah, seperti termometer dari Oregon Zoo (Alison Heimowitz), tas belanja dari relawan mahasiswa kedokteran (Bella Jovita) dan topi-topi keren dari seorang seniman (Katie Homes).