Oleh Oka Nurlaila
21 September 2020
Selvi (ASRI Teens) Memaknai Covid-19

Hallo, nama saya Selvi Vebbiani. Saya bergabung di ASRI Teens sejak 2016, saat saya berusia 11 tahun. Materi yang paling saya sukai di ASRI Teens adalah saat Mbak Etty (guru) menjelaskan tentang 4R (Reduce, Reuse, Recycle, and Rot/Compost), yaitu bagaimana cara mengurangi sampah plastik, menggunakan kembali suatu barang lebih dari sekali, mendaur ulang sampah, dan membuat kompos dari bahan-bahan organik. Melalui kegiatan ASRI Teens inilah saya lebih sadar untuk terus menjaga lingkungan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan kita (manusia) dan kesehatan bumi.

Kegiatan ASRI Teens ini sangat banyak mengubah kehidupan dan kebiasaan saya. Jujur saja, sebelum ikut ASRI Teens, saya sering membuang sampah sembarangan, belanja menggunakan kantong plastik, dan jajan es menggunakan kemasan kantong plastik. Setelah belajar di ASRI Teens dengan Mbak Etty tentang bahaya sampah plastik, ‘deg’, saya langsung merasa bersalah karena betapa banyak plastik yang saya gunakan dan buang begitu saja. Jadi, saya pun memutuskan untuk mengambil langkah nyata menjaga lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, menggunakan tas belanja, membawa botol minum sendiri dan tanpa memakai sedotan plastik.

Anak Muda Kayong Utara - ASRI Teens Menjaga Lingkungan

Awal pandemi Covid-19 menyebar dan saat satu warga Sukadana terkonfirmasi positif, saya sangat sedih sekaligus takut. Saya merasa sedih karena tidak bisa beraktivitas seperti biasa, dan banyak kegiatan yang harus dibatalkan termasuk ASRI Teens. Saya juga merasa takut karena tak ingin tertular Covid-19. Sekarang sudah lebih dari enam bulan pandemi menyerang dunia, banyak hal yang berubah seperti sekolah yang menjadi belajar online, dan sulitnya beraktivitas di luar rumah. Meskipun begitu saya tetap merasa senang karena pandemi ini membuat pencemaran udara dan lingkungan bekurang.

Pembelajaran dari situasi Covid-19 yang dapat saya ambil adalah kita harus selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri sendiri. Dimana manfaatnya bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. Saya berharap semoga Covid-19 segera berlalu, masyarakat bisa kembali beraktivitas, dan perekonomian Indonesia bisa berjalan semakin baik.