Layanan Kesehatan untuk Masyarakat Pedalaman
Lokasi

Kab. Melawi, Kalimantan Barat

Dana Dibutuhkan

+/- Rp. 1.000.000.000

Layanan Kesehatan untuk Masyarakat Pedalaman

Sejak 2018, ASRI mulai memberikan layanan kesehatan kepada sekitar 2000 penduduk di dua desa di Kecamatan Menukung, Kab. Melawi, yang hidup berdampingan dengan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Karena kondisi geografis dan keterbatasan infrastruktur, masyarakat di dua desa tersebut sangat sulit untuk mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan. Jarak ke Puskesmas sekitar 45 menit jika jalan kering, tapi bisa jadi tidak dapat dilalui ketika musim hujan. Mereka sangat membutuhkan layanan dan promosi kesehatan. Hingga saat ini, banyak sekali dari masyarakat yang masih belum mempunyai WC sendiri. Sebagian besar masyarakat masih buang air besar di sungai. Dan mirisnya, banyak juga masyarakat yang meminum air langsung dari sungai, tanpa dimasak.  

 

Untuk itu, ASRI menyediakan tim kesehatan yang mencakup 1 dokter, 2 bidan, dan 1 perawat untuk melayani masyarakat. Tim kesehatan ASRI tinggal di dusun, memberikan layanan tidak hanya di dua klinik bidan di dua desa, tapi juga melakukan pengobatan keliling. 

 

Sejauh ini pilihan pembayaran secara non-tunai baru diterapkan untuk kerajinan tangan, namun ASRI sedang mempersiapkan persemaian di dua desa tersebut agar dalam waktu dekat bisa menerima pembayaran dengan bibit pohon. Sejak 2018 hingga sekarang, tim kesehatan ASRI sudah melayani sekitar 1800 kunjungan pasien. Selain itu, tim ASRI juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat, dan membantu masyarakat dengan filter air sederhana yang dapat menyaring air sungai agar layak dikonsumsi.

Tentang Program Ini
Lokasi
Kab. Melawi, Kalimantan Barat
Dana Dibutuhkan
+/- Rp. 1.000.000.000