Apa yang paling menyenangkan dari kehadiran bayi?

Memandang wajah bayi yang sedang tidur selalu membuat hati damai. Melihat matanya terbuka membuat kita ingin berbicara padanya. Berikan telunjukmu di tangannya, dia akan menggenggamnya erat. Mainkan kakinya yang halus dan gembul, ia akan tertawa, begitu menggemaskan.

Ketika ia menangis, dengan cepat kita akan memberikan susu, mengganti popok yang basah, menimang atau menggendongnya, semua kita lakukan agar ia merasa nyaman, memastikan ia dapat tertawa kembali. Begitu cara kita sebagai orang dewasa menunjukkan cinta kasih pada makhluk mungil ini.

Kita begitu peduli dengan tangisannya saat ini. Tapi bagaimana dengan masa dimana dia tumbuh besar nanti? Pernahkah kita membayangkan bagaimana dunianya nanti? Akankah dia bisa nyaman hidup di lingkungan yang kering, berdebu, penuh polusi, ataukah dia akan tertawa riang menikmati alam dan hutan dengan udara yang bersih. Mungkin bukan di tanah kelahirannya, tapi setidaknya ada tempat dimana ia bisa kesana menginjak tanah basah, memeluk pohon, menghirup udara segar sedalam yang ia mau dan mengamati binatang di ekosistem aslinya yang tentu lebih mempesona dibanding boneka beruangnya.

Karenanya, yuk kita mulai menunjukkan cinta kasih dengan menanam pohon untuknya. Kita jaga pohon-pohon yang ada, dan menanam pohon-pohon baru agar bumi ini lebih sejuk. Dengan ambil bagian melindungi masa depan bumi, kita sedang mempersiapkan masa depan bayi ini. Kita pastikan masa depan mereka lebih nyaman, lebih sehat daripada apa yang kita punya sekarang.

Seperti apa yang dilakukan oleh dr. Kinari Webb kepada putranya, Rowan. "Saya menghadiahkan pohon untuk anak saya, Rowan. Saya ingin suatu saat nanti Rowan bisa datang ke Indonesia dan melihat pohon yang selama dia hidup akan menjaga kesehatannya. Dengan pohon ini, saya berharap agar masa depan untuk anak sehat dan nyaman".


Adopsi BibitKelahiran bayi menjadi momen yang dinanti-nanti setiap orangtua, anggota keluarga dan kerabat lainnya. Berbagai macam hadiah pun 'banjir' berdatangan sebagai wujud syukur dan bahagia. Ada yang menghadiahkan perlengkapan dan peralatan bayi yang menggemaskan, baju-baju bayi yang lucu-lucu, hingga mainan yang menyenangkan buat sang bayi.

Banyak orang terkadang bingung dalam memilih kado kelahiran bayi yang tepat dan berguna bagi si bayi, dengan kekhawatiran mungkin sudah ada yang memberikan kado yang serupa sebelumnya, atau khawatir tidak terpakai lagi kalau nanti si bayi sudah bertambah besar. Selain menyiapkan masa depan yang lebih sehat, lebih nyaman untuk bayi, hal ini juga melatarbelakangi ASRI mengeluarkan program "The Guardian Tree" yaitu program dimana kita dapat memberikan kado untuk merayakan kelahiran bayi dalam bentuk Adopsi Bibit pohon dengan sertifikat atas nama si bayi. Bibit pohon yang diadopsi akan ditanam dan dirawat oleh tim ASRI di kawasan hutan terdegradasi di Kalimantan Barat.

'Bayi' pohon yang diadopsi akan disemai terlebih dahulu di tempat khusus untuk persemaian hingga cukup kuat untuk ditanam. 'Bayi' pohon dan si bayi akan tumbuh besar bersama di bumi dengan membawa harapan yang sama, yaitu untuk selalu bermanfaat untuk semesta.


Bibit pohon diadopsi merupakan pohon asli Kalimantan (native species) yang mendukung ekosistem satwa liar endemik seperti Orang Utan dan burung Enggang. Sebagian besar bibit berasal dari pasien klinik yang membayar dengan bibit. Bibit pohon yang ditanam juga bermacam-macam jenisnya supaya tercipta ekosistem hutan yang beragam, dan menjadi tempat tinggal dan tempat bermain yang menyenangkan untuk satwa liar di dalamnya. Tergantung jenis dan ukurannya, pohon yang diadopsi saat sudah dewasa nanti dapat menghasilkan oksigen yang cukup hingga untuk 18 orang lho!

Sejak 2009-2020, ASRI mendukung pemerintah dengan melakukan penanaman kembali lahan seluas 211,4 hektar. Dari hasil rekaman camera trap ditemukan penampakan satwa liar seperti orang utan, beruang madu, kucing hutan, dan lain-lain. Tidak hanya menanam, ASRI juga memprioritaskan pemeliharaan. Serangkaian kegiatan diselenggarakan untuk menjaga pohon dan kawasan hutan dari potensi kebakaran misalnya dengan patroli api, pembuatan sekat bakar, dan pemantauan rutin. Jadi tidak perlu khawatir dengan keberlangsungan pohon yang kamu adopsi ya!

Yuk berikan kado kelahiran untuk orang-orang terdekatmu yang baru saja dikaruniai bayi melalui The Guardian Tree.

Langkah-langkah untuk memberi kado The Guardian Tree:
1. Kunjungi alamsehatlestari.org/the-guardian-tree
2. Masukkan jumlah bibit pohon yang ingin kamu adopsi
3. Isi data adopter (bayi) dan data donatur (pemberi kado)
4. Lakukan pembayaran
5. ASRI akan mengirimkan foto bibit dan
sertifikat dalam 2-3 minggu setelah adopsi
Adopsi Bibit